Kamis, 24 September 2009

SISWA BERPRESTASI



Hai sobat Prestasi....
Mau tahu pengalamanku pada saat mengikuti lomba siswa berprestasi....? SO pasti khan? Keys........kali nhie aku akan nyeritain pengalamanku saat menjadi siswa berprestasi di kabupaten Lumajang....
Waktu itu,tepatnya 1 minggu setelah aku mengikuti Lomba Siswa Berprestasi tingkat kabupaten,saat aku pergi ke ruang guru..... tiba-tiba banyak bapak/ibu yang mentapku sambil tersenyum....Lalu,ada salah satu guru yang menjabat tanganku,sambil berkata” Selamat ya Desy,kamu terpilih sebagai juara 1 Siswa Berprestasi di Kabupaten Lumajang!”
Wow jantungku langsung berdetak sangat cepat,seakan mau MELEDAK!!!(maklum seneng banget,red) Sebelumnya sama sekali tidak terfikirkan dalam benakku,aku akan terpilih menjadi juara 1 saat selisih lomba siswa berprestasi tingkat SMP se-Kab. Lumajang.Karena dengan persaingan yang sangat ketat & pesertanya juga banyak ( kurang lebih 70 anak,red) Alhamdulillah..... aku sangat bersukur bisa lolos ke posisi terbaik.
Pada saat seleksi di Kabupaten Lumajang aku mengikuti 5 macam tes yaitu:
1. Tes Materi Akademik yang meliputi MTK,B.Indo & B.Ing.
2. Tes Keperibadian,Tanggung Jawab & Kepemimpinan
3. Tes wawancara B. Inggris
4. Tes unjuk kebolehan dan kelebihan
5. Tes ujuk kreasi seni
Dan berikut ini adalah hasil seleksi siswa berprestasi tahun 2009 di kabupaten Lumajang. Tingkat SMP
Juara I : Desy Iswari Amalia (SMPN 1 Sukodono)
Juara II : Fajril mardiansyah (SMPN 1 Lumajang)
Juara III : Elma Nisa (SMPN 1 Pasirian)
Setelah itu, aku mendapat info dari guru pembimbingku (Bu antia) bahwa siswa berprestasi yang mendapat peringkat I dan II akan dikirim untuk mewakili kabupaten Lumajang di tingkat Propinsi. Wow!!! Mengetahui info tersebut, sebelum pelaksanaan lomba, aku digemble abis-abisan oleh guru-guru yang aku sayangi, 2 jadwal pembinaan sudah disiapkan oleh guru pembimbingku (Bu Sih).
• Untuk tes materi akademik
 MTK oleh Bu Endang Muriani
 B. Indonesia oleh Bu endang Sugiharti. N.
 B. Inggris oleh P. Rindung dan Bu Ima
• Untuk wawancara B. Inggris oleh P. Rindung
• Untuk kesenian, aku mendapat pembinaan tari khas Lumajang (tari sampur) oleh Bu Endar
• Untuk materi tes kepribadian, budi pekerti dan kepemimpinan aku dibekali oleh P. Bambang Djati
• Untuk yang terakhir yaitu pembinaan ‘menyanyikan lagu wajib’ aku dibina oleh Bu Yatik, karena pada saat lomba nanti peserta dituntut hafal semua lagu wajib (ini yang tersulit buatku)
Nah hari demi hari telah aku lalui dengan banyak bekal ilmu, dari hasil pembinaan di sekolah. Jantungku semakin berdebar-debar karena seleksi lomba siswa berprestasi semakin dekat.
Kukuruyuuuuuuuuuuuukkkkk....suara ayam membangunkanku, aku langsung bergegas untuk siap-siap dalam mengikuti lomba akhirnya aku berangkat pada tanggal 15 Juni 2009, tepatnya jam 5 pagi bersama rombongan dari dinas pendidikan kabupaten Lumajang dan peserta lain, yaitu Fajril (murid SMP 1 Lumajang yang menjadi juara II)
Setelah perjalanan yang cukup panjang, akhirnya kami sampai di tempat tujuan yaitu di DPL jawa pos, Surabaya (Kurang lebih pukul 9.30) akupun merasa lega. Mengetahui betapa banyak lawan dari kabupaten lain (101 anak) dan kami (aku dan Fajril) tidak mendapat pendamping dari sekolah masing-masing terasa amatlah kecil kami. Akhirnya kami harus melakukan persyaratan mulai dari daftar ulang sampai pengambilan no.peserta, dengan sendirinya (pokoknya super mandiri).
Uh.....mau gimana lagi memang keadaannya sudah seperti itu, tapi walaupun begitu kami terus semangat. Dan tepat pukul 10, tes pertama (akademik)dimulai materi saat di Kabupaten terasa lebih sulit. Alhamdulillah aku bisa menyelesaikan dengan baik (itu menurutku) tepat pukul 12.30 kami Ishoma dan pukul 13.00 kami masuk mengikuti tes wawancara Bhs. Inggris, Nah...untung pertanyaan dari dewan juri bisa aku jawab semua. Setelah itu, aku mengikuti tes keperibadian, kepemimpinan & Tanggung jawab. Alhamdulillah dengan bekal & pengalaman saat menjadi ketua osis bisa mempermudahku untuk menjawab semua pertanyaan & permasalahan yang diberikan oleh juri. Dalam benakku sudah terfikirkan semua tes yang aku anggap rumit sudah aku selesaikan. Nach sekarang tinggal mengikuti tes kesenian, tes tersebut di adakan di lantai 2.” Tuk,tuk,tuk,” akhirnya aku sampai di lantai 2, sekejap dalam perasaanku hilang semua yang kuharapkan. Karena pada saat tes kesenian banyak persiapan yang seharusnya disiapkan oleh guru pembina. Sedangkan pada saat itu kami tidak dapat dampingan dari guru masing – masing. Seperti kehilangan segala – galanya. Akhirnya kami mengikuti tes kesenian apa adanya, tidak seperti peserta lain yang lengkap dengan kostum. Karena tes kesenian adalah tes terakhir & semua tes selesai tepat pukul 16.00. Tepat pukul 06.30, Peringkat hasil seleksi diumumkan, meskipun aku tidak mendapat peringkat terbaik di Jawa Timur (nilai minimku ada pada saat kesenian) tapi gak papa lah! Alhamdulillah aku ada di peringkat 52 dari 101 peserta di Jawa Timur. Keys....paling gak.. pengalaman adalah yang terpenting buatku. Mengikuti bisa menjadi bekal dan modal untuk aku lanjutin saat aku duduk di bangku SMA nanti. Dan buat aku menjadi siswa berprestasi tingkat SMP di kota pisang (Kabupaten Lumajang) dan bisa mewakili ke tingkat propinsi merupakan kebanggaan tersendiri buatku.
Nach...kali ini aku juga mau ngucapin terima kasih banyak kepada teman – teman yang telah mendoakanku & yang paling penting kepada bapak ibu guru yang telah memberikan pembinaan buat aku (maaf ya pak/bu kalau saya ada kesalahan pada waktu pembinaan) Dan saran buat sobat prestasi pokoknya terus belajar & jangan pantang menyerah sampai titik darah penghabisan Keyzzz. Salam Prestasi.

2 komentar:

  1. selamat malam, Pak bambang.S..
    Ini dari Alumnus SMP 1 Sukodono th 99.

    Blognya bapak kerenn..
    Terus berkreasi, pak..

    Semoga selalu Sukses..

    BalasHapus
  2. Selamat Pagi Pak...
    Blog yang bagus,tetap semangat dan sukses selalu Pak...

    BalasHapus